Senin, 17 September 2018

Filled Under:

komponen pada PC

Komponen - komponen pada PC Lengkap


1.  Casing, merupakan tempat untuk meletakkan komponen – komponen seperti mainboard, harddisk, DVD ROM, Power Supply dll. Untuk melindungi komponen PC secara langsung dari debu, air, batu, api, cabe – cabean.... hahaha... sorry ngaco niiih... pokoknya yang  sejenisnya  yang bisa merusak atau membuat  komponen rusak atau bermasalah. Ada yang bilang lebih baik casing dibuka biar dingin, udara banyak yang masuk. Alternatif seperti itu sebenarnya tepat atau tidak yaaa??? Menurut eel??hehe... kalo menurutku sih casing itu sudah dirancang sedemikian rupa untuk mengatur sirkulasi udara di dalam, jadi lebih baik ditutup karena kalo nda ditutup malah gampang kena debu dan cepet kotor deh seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Salah satu contoh tampilan desain Casing

2. Processor, merupakan otak dari komputer untuk melakukan tugas berupa operasi aritmatik dan logic terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras.
Salah satu contoh processor intel Core i3

3. Harddisk, merupakan jenis memori non-volatile yang artinya media penyimpanan yang datanya dapat ditulis dan dihapus dan tetap akan tersimpan walaupun saat komputer mati atau listriknya lagi mati atau power off.
Salah Satu Contoh Jenis Harddisk dengan Piringan Magnetic 

4. CD ROM atau DVD ROM Drive, merupakan perangkat atau media untuk membaca data dari sebuah Compact Disk (CD).
Dvd ROM Drive

5. Memori atau RAM, merupakan media penyimpanan jenis volatile yang mana data yang tersimpan pada memori akan hilang saat listrik mati atau komputer mati. Maka dari itu RAM disebut sebagai media penyimpanan sementara. Kalo ada yang sering di PHPin, berarti kamu tuh cuma disimpan di RAM tuh orang bukan diharddisknya. Hahaha...
RAM (Random Access Memory)

6. Slot, merupakan tempat dimana untuk meletakkan atau menempatkan perangkat keras seperti RAM atau perangkat tambahan seperti LAN CARD, VGA CARD, SOUND CARD dll. Ada beberapa macam slot yang umumnya kita ketahui adalah slot memori, slot AGP, slot PCI, dan slot PCI Express.
Contoh Gambar Slot Memory RAM

7. Power Supply Unit, merupakan alat yang digunakan untuk mengatur arus listrik yang masuk ke PC atau menyearahkan arus listrik dan mensupplynya ke mainboard dan komponen yang ada dan terhubung ke mainboard.
PSU (Power Supply Unit)

8. ROM, merupakan jenis memori non-volatile sama seperti harddisk. ROM ini menyimpan beberapa program bawaan pabrik beserta informasi dasar komputer dan berserta konfiguarasi sistem komputer yang sering disebut BIOS.
Salah satu Contoh ROM dengan Tipe AMIBIOS

9. VGA Card/on board, merupakan singkatan dari Video Graphics Array yang digunakan untuk mengolah data graphics untuk ditampilkan pada layar monitor.
VGA CARD ATI Radeon

10. Sound Card/on board, merupakan perangkat keras pengolah data suara untuk menunjang fungsi multimedia. Sound card sendiri merupakan perangkat keras tambahan agar kinerja suara menjadi lebih power full. Audio setiap PC ada on board-nya atau sudah tertanam pada mainboard, tanpa sound card pun suara bisa berjalan yang penting dipasang kabel soundnya. hehehe..
Contoh Sound Card

11. LAN Card/on board, merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer pada jaringan menggunakan media kabel.
Contoh LAN Card Dual Port Rj45

12. Chipset, merupakan bagian penting pada komputer karena chipset inilah yang mengatur arus dari dan ke prosesor melalui beberapa perangkat keras sesuai dengan fungsinya.
Chipset Intel

13. Heatsink, merupakan pendingin untuk perangkat keras tertentu agar perangkat terjaga suhunya (tidak panas). Biasanya chipset terpasang heatsink begitu pula processor.
Heatsink Fan Processor
Heatsink Chipset

14CMOS, singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor merupakan baterai yang mirip dengan baterai jam tangan dengan ukuran diameter lebih besar gunanya untuk menyimpan setting BIOS. Maka dari itu jika baterai CMOS ini mati akan ada gejala – gejala pada kinerja komputer seperti tanggal tidak sesuai dan atau komputer gagal start up.
Batterai CMOS

15. Kabel, kabel disini juga merupakan komponen PC. Karena tanpa kabel gimana komponen saling terhubung. Contohnya disini harddisk membutuhkan kabel SATA atau IDE (PATA) begitupula DVD ROM dll.
Kabel SATA
Kabel PATA

16. PORT I/O, merupakan port yang menghubungkan piranti eksternal ke PC. Contoh seperti port usb dimana port ini digunakan untuk piranti seperti mouse, keyboard, flash disk dan lain – lain.
PORT I/O

17. Mainboard, merupakan papan yang digunakan untuk menampung berbagai perangkat keras yang telah disebutkan diatas.


Itu beberapa komponen pada komputer dengan penjelasan yang ringan dan nda usah banyak – banyak dulu ntar pusiiiaang.... hehe... semoga sedikit dapat menambah wawasan, jika dirasa artikel ini ada yang kurang silahkan ditambahi, boleh koq... hihihi

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 ocu fitra.