Selasa, 18 September 2018

Filled Under:

hal yang harus dilakukan setelah instal ulang

Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Windows 7

Windows 7, kini menjadi sejuta umat
Windows 7, kini menjadi sejuta umat
Setelah melakukan instalasi ulang Windows 7, tentu kita tidak bisa langsung memakainya untuk menunjang kegiata kita dalam berkomputerisasi (…). Perlu untuk menginstal aplikasi-aplikasi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita (misalkan, untuk kegiatan membuat dokumen, instal LibreOffice, bukannya menginstal Steam…). Namun, selain menginstal aplikasi (oh iya, driver-driver juga), ada baiknya untuk melakukan sedikit pengaturan agar PC/notebook bisa optimal.
Hal-hal di bawah ini cukup terlihat sepele, namun tak ada salahnya membuang sedikit waktu dan tenaga agar PC/notebook kita terlihat “gue banget…” (karena memang itu punya anda, bukan pinjaman) dan tidaklah sulit.
  1. Mematikan fitur “Windows Update”
    Ini untuk anda yang PC/notebook (selanjutnya disebut komputer saja…) yang tidak terkoneksi internet sama sekali atau yang lagi irit-irit kuota internet, karena update memakan kuota besar (banget). Resiko menonaktifkan update, otomatis OS kita tidak mendapatkan update security berkala dari Windows, kecuali jika OS anda bajakan…
    Cara :
    – Masuk ke Control Panel, lalu view by : Large/Small icons
    Windows Update, di sebelah kiri klik Change Settings, pilih “Never check for updates (not recommended)”.
    update_windows
    Mau aman atau irit?
  2. Mematikan notifikasi “User Account Control”
    Fitur yang sejak ada dari Windows Vista, dan masih menjadi andalan di Windows 8. Sebenarnya, gagasan yang bagus dari fitur ini, tetapi karena sudah kadung kebiasaan Windows XP, jadilah notifikasi ini agak aneh bagi saya. Apalagi saat membuka aplikasi.
    uac_notif
    Dunggg, muncul saat membuka program aplikasi
    Untuk menonaktifkannya, masuk ke Control Panel -> User Accounts -> Change User Account Control Settings, lalu turunkan sampai mentok atau sampai “Never notify”, klik OK, dan OK lagi jika ada notifikasi terakhir.
    uac
    Jangan ingatkan saya lagi! Saya bukan orang awam!
  3. Mematikan sinkronisasi Internet Time
    Jika komputer tidak lagi terkoneksi internet, mau ambil dari mana? Matikan fitur ini dengan meng-klik kanan jam/tanggal, lalu pilih “Adjust date and time” atau klik saja jam/tanggalnya, pilih “Change date and time settings…”. Masuk ke tab “Internet Time”, klik tombol “Change Settings…”, lalu uncheck “Synchronize with an Internet time server”. Yang perlu diingat, jika komputer memang dikoneksikan dengan host NTP (Network Time Protocol) tertentu, jangan matikan fitur ini.
    off_sync_time
    Matikan fitur sync internet time
  4. Atur bagian Start Menu yang ingin ditampilkan
    Ya, yang ini sepele, tetapi setidaknya dengan pengaturan ini kita tidak bingung ketika mengakses “Computer”, “Document”, dll, agar tidak masuk ke menu “Help and Support” misalnya.
    Lebih rapi
    Lebih rapi
    Klik kanan taskbar, masuk ke “Start Task Manager” Properties -> tab “Start Menu”, lalu klik tombol “Customize”. Contohnya, untuk mendapatkan tampilan Start Menu seperti di atas, anda bisa hilangkan ceklis Help, atau sesuai dengan keperluan. Hilangkan juga (jika mau) “Highlight newly installed program” jika program yang baru diinstal tidak mau terlihat tertanda kelihatan baru terinstal. Juga uncheck “Use large icons” jika ingin menampilak icon-icon program di start menu terlihat tidak lebar.
    Atur sana sini untuk tampilan start menu yang optimal
    Atur sana sini untuk tampilan start menu yang optimal
  5. Matikan “Action Center”
    Lihat tanda flag yang berada di taskbar kiri anda? Pernahkan anda melihat warning-warningnya jika flag itu ditandai silang? Jika anda melihatnya, anda adalah seorang kepo…
    Action Flag
    Action Center Flag
    Hilangkan secara permanen dengan klik kanan di sebelah kiri jam/tanggal atau icon arrow atas, pilih “Properties“. Lalu arahkan ke “Action Center” dan pilih “Off“.
    Matikan Action Center
    Matikan Action Center dan anda bukan seorang kepo.
  6. Set default view folders dan files semua
    Secara dari awal, Explorer dari Windows akan mensortir folder secara urutan nama. Jika kita inginkan view sort, misalkan berdasarkan “Type”, mengklik urut tipe hanya berlaku pada folder itu saja. Jika ingin semuanya, klik sort dari berdasarkan yang kita inginkan, lalu masuk ke “Organize -> Folder and search options”, ke tab “View” lalu klik tombol “Apply to Folders”. Ok.
    List by Name, bawaan dari sananya.
    List by Name, bawaan dari sananya.
    Apply all
    Apply all.
  7. Pengaturan desktop icon di Desktop
    Terlalu menonjol, icon-icon di desktop pada Windows 7 saat pertama instal ulang. Klik kanan di Desktop, “View -> Small icons”. Atau mau biar lebih rapi atau icon-icon bisa tertata sesuai urutan, klik “Auto arrange icons” dan “Align icons to grid” agar icon tertata segaris. Lalu, sort file di Desktop (jika ada file-file dan folder-folder di desktop) ke “Sort by -> …”, ada pilihan “Name”, “Size”, “Item type”, dan “Date modified”.
    Biar jadi kecil imut icon-iconnya.
    Biar jadi kecil imut icon-iconnya.
  8. Ubah Regional
    Kita sebagai orang Indonesia wajib memakai standarisasi segala format penulisan, termasuk mata uang Indonesia. Di sini, pemisah ribuan menggunakan tanda titik (.) dan pemisah desimal dengan koma (,) serta aturan lain. Untuk mengubahnya, masuk ke Control Panel, pilih Regional and Language, pilih format ke “Indonesia” (jika anda orang Indonesia) dan ubah ke “Indonesia” juga di bagian tab ” Location”
    NB : Jika dari awal saat proses instal ulang Windows 7, akan ada pemilihan regional juga saat setup.
    Regional dan Location : Indonesia
    Regional dan Location : Indonesia
  9. Matikan Services dan Start Up yang tidak jelas terpakai
    Biasanya ini mengandalkan insting kita untuk mematikan services dan startup Windows kita. Langkah ini direkomendasikan dilakukan jika kita sudah menginstal driver dan software-software. Cukup bisa mempengaruhi performa komputer. Masuk ke Services, Win +R -> services.msc dan untuk startup, Win + R -> msconfig, masuk ke tab Startup.
    msconfig
    Msconfig. Cuma aktif antivirus.
  10. Lihat dan ukur Rating hardware (Windows Experience Index) di Windows 7
    Tidak masalah jika step ini dilakukan, tetapi fitur ini yang membuat saya penasaran karena (katanya) mengukur seberapa besar skor hardware kita dengan OS. Walaupun score ini sebenarnya bisa dicurangi.
    rating_windows
    Contoh, saya habis ganti hardware dan harus update score. Kecil yah.
    Klik kanan Computer, pilih Properties, klik “System rating is not available” (jika belum melakukan rating sama sekali), lalu klik tombol “Rate this computer
    Dan yang paling wajib, harus, dan haram hukumnya jika tidak dijalankan langkah di bawah ini….
  11. Ganti password login
    Saat ini, sudah banyak kejadian begal dengan korbannya yang berkendaraan motor pada malam hari. Dan termasuk ini juga, jika komputer tidak diproteksi oleh password, dijamin banyak para orang kepo-kepo yang siap mem-“begal” komputer anda tanpa sepengetahuan anda, kapanpun bukan di malam saja.
    Pasang password, wajib!
    Pasang password, wajib!

    Password yang baik dan benar, serta aman adalah password yang tidak diberitahu oleh orang lain selain anda dan Tuhan sendiri yang tahu, serta tidak dicatat di dalam handphone atau buku catatan harian atau hutang anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 ocu fitra.